Header Ads

Rumah Sakit Plus

Arab Saudi Tidak Melunak, AS Kumpulkan Diplomat Teluk ke Washington

Arab Saudi Tidak Melunak, AS Kumpulkan Diplomat Teluk ke Washington

Arab Saudi Tidak Melunak, AS Kumpulkan Diplomat Teluk ke Washington

Hanya seminggu lagi sebelum ultimatum yang diajukan Arab Saudi kepada Qatar berakhir. Amerika Serikat mengundang pada diplomat Teluk untuk mencari jalan keluar dari krisis diplomatik antara Arab Saudi dan Qatar.

Saudi Arabien Rex Tillerson PK Adel al-Jubeir (Getty Images/F.Nureldine)

Sejumlah diplomat Teluk berada di Washington pada hari Selasa ( 27/6) untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson dalam upaya mencari solusi krisis diplomatik Saudi Arabia-Qatar.

Tillerson antara lain melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. Kemudian dia melakukan pembicar aan khusus dengan Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Mohammad Abdullah Al-Sabah, yang sudah menawarkan diri untuk jadi penengah. Selain itu, Tillerson juga dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guteres.

Namun, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir yang juga berada di Washington menyatakan, tuntutan yang mereka ajukan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

USA Außenminister Tillerson trifft Amtskollegen Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani aus Katar (Reuters/Y. Gripas)

Menlu Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani (kiri) dan Menlu AS Rex Tillerson (kanan) di Washington, 27 Juni 2017

"Tuntutan kami terhadap Qatar tidak dapat dinegosiasikan, sekarang tergantung pada Qatar untuk mengakhiri dukungannya terhadap ekstremisme dan terorisme," kata Jub eir melalui Twitter.

Dengan dukungan Uni Emirat Arab, Bahrein dan Mesir, Arab Saudi 5 Juni lalu mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka juga menutup perbatasan darat untuk lalu lintas barang dan perorangan dari dan ke Qatar. Maskapai penerbangan Qatar Airways dilarang memasuki ruang udara Arab Saudi dan sekutunya.

Minggu lalu Arab Saudi mengumumkan 13 butir tuntutan Qatar, termasuk penutupan stasiun televisi Al-Jazeera, penurunan hubungan diplomatik dengan Iran dan penutupan pangkalan militer Turki di Qatar.

Grenze Katar / Saudi-Arabien (Getty Images/AFP/K. Jaafar)

Perbatasan darat antara Arab Saudi dan Qatar yang biasanya ramai sekarang ditutup

Washington memiliki hubungan ekonomi dan keamanan yang erat dengan kedua belah pihak yang bertikai. Qatar adalah rumah bagi pangkalan te rbesar AS di kawasan ini, Al-Udeid. Bahrain adalah rumah bagi Armada Kelima Angkatan Laut Amerika Serikat.

Selama pembicaraan di Washington, para diplomat "menegaskan kembali perlunya semua pihak untuk menahan diri agar diskusi diplomatik produk kata Jurubicara Gedung Putih Heather Nauert.

Nauert mengatakan bahwa pembicaraan akan berlanjut sepanjang minggu ini. Dia menambahkan, tuntutan Arab Saudi memang sulit dipenuhi.

"Beberapa dari tuntutan itu akan sulit bagi Qatar jika harus dipatuhi, katanya.

  • Irak Islamischer Staat Propagandafoto (picture-alliance/Zuma Press)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    1. Akhiri Afiliasi Teror

    Menghentikan dukungan dan memutuskan hubungan dengan semua "organisasi teroris," terutama Ikhwanul Muslimin, al-Qaida, Islamic State dan Hizbullah di Libanon. Selain itu Doha juga harus secara formal mendeklarasikan kelompok-kelompok tersebut sebagai organisasi teror.

  • Katar Presse Newsroom beim Nachrichtensender Al Dschasira in Doha Englisch (Reuters)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    2. Tutup Aljazeera

    Menutup stasiun televisi terbesar di Arab, Al-Jazeera dan sejumlah media lain yang dibiayai dari Doha. Daftarnya antara lain mencakup Arabi21, Rassd, Al-Araby Al-Jadid dan Middle East Eye.

  • Türkei Manöver der U.S. und türkischen Luftwaffe (picture-alliance/dpa/N. Hodge)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    3. Usi r Militer Turki

    Segera mengusir militer Turki yang ditempatkan di Qatar dan menghentikan semua bentuk kerjasama pertahanan dengan Ankara. Turki sebelumnya menambah jumlah pasukan di Qatar dan menawarkan program pendidikan militer untuk Qatar.

  • Afghanistan Symbolbild Taliban-Kämpfer (picture alliance/Photoshot)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    4. Hentikan Pendanaan Teror

    Menghentikan pendanaan kepada semua individu, kelompok atau organisasi yang dianggap sebagai organisasi teror oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Amerika Serikat dan negara-negara lain.

  • Symbolbild Taliban (Getty Images/AFP/A. Karimi)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Sau di Kepada Qatar

    5. Deportasi Tersangka Teroris

    Menyerahkan "tersangka teroris" yang masuk dalam daftar buronan di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain ke negara asalnya. Selain itu Riyadh memerintahkan Qatar membekukan semua aset milik yang bersangkutan dan menyerahkan semua informasi terkait tempat tinggal, kegiatan dan keuangan.

  • Saudi Arabien Riad GCC Gipfel (picture-alliance/AP Photo)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    6. Akhiri Intervensi di Negara Lain

    Mengakhiri segala bentuk intervensi terhadap urusan dalam negeri semua negara berdaulat, tidak lagi memberikan kewarganegaraan kepada buron asal Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain, serta mencabut kewarganegaraan milik penduduk asing yang dilarang menggunakan kewarganegaraan ganda oleh negara asalnya.

  • Katar Doha Beamte Verteidigungsministerium (Getty Images/J. Ernst)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    7. Hentikan Dukungan Terhadap Oposisi

    Menghentikan hubungan dan kerjasama dengan kelompok oposisi di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain. Menyerahkan semua informasi yang merinci kerjasama dan dukungan Qatar terhadap kelompok oposisi tersebut.

  • Syrien Flüchtlinge Jarmuk (picture-alliance/dpa)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    8. Membayar Kompensasi

    Membayar uang ganti rugi dan kompensasi untuk setiap jatuhnya korban jiwa dan kerugian finansial lain yang disebabkan oleh kebijakan politik Qatar. Jumlahnya akan ditent ukan dengan berkoordinasi dengan pemerintah di Doha.

  • Saudi-Arabien Marine-Übungen ( Getty Images/AFP/F. Nureldine)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    9. Belenggu Kebijakan Luar Negeri

    Mendukung kebijakan militer, politik, sosial dan ekonomi milik negara-negara Teluk dan negara Arab lain, serta mentaati kerjasama ekonomi yang dibuat dengan Arab Saudi pada 2014.

  • Katar Emir Scheich Tamim bin Hamad Al-Thani (picture-alliance/AP Photo/O. Faisal)

    Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

    10. Pengawasan Total

    Menyetujui semua tuntutan dalam waktu 10 hari atau tawaran normalisasi hubungan diplomatik akan dicabu t. Arab Saudi juga mewajibkan audit bulanan di tahun pertama setelah Qatar menyanggupi daftar tuntutan, lalu audit per triwulan di tahun kedua. Selain itu Qatar akan diawasi setiap tahun selama 10 tahun ke depan. (rzn/hp: afp,rtr)


Laporan Pilihan

Inilah Daftar Tuntutan Arab Saudi Kepada Qatar

Arab Saudi dan sejumlah negara Arab lain mengajukan 13 tuntutan kepada Qatar untuk memulihkan hubungan diplomatik. Doha antara lain harus mengusir militer Turki dan menyanggupi semua butir tuntutan dalam 10 hari. (23.06.2017)

  • Tanggal 28.06.2017
  • Kata Kunci krisis diplomatik, Arab Saudi, Qatar, Amerika Serikat, Rex Tillerson, Washington, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Di gg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2fYKB
Sumber: DW