Header Ads

Rumah Sakit Plus

Di Bulaksumur, Obama Kecil Senang Panjat Pohon dan Cari Buah Asam - Detikcom

Di Bulaksumur, Obama Kecil Senang Panjat Pohon dan Cari Buah Asam - Detikcom

Rabu 28 Juni 2017, 16:23 WIB Di Bulaksumur, Obama Kecil Senang Panjat Pohon dan Cari Buah Asam Gibran Maulana Ibrahim - detikNews Di Bulaksumur, Obama Kecil Senang Panjat Pohon dan Cari Buah AsamFoto: Bagus Kurniawan/detikcom FOKUS BERITA: Obama 'Mudik' ke Indonesia Jakarta - Yogyakarta dan Barack Hussein Obama punya hubungan kuat di masa lalu. Saat Obama masih kecil, Yogyakarta merupakan salah satu tempat berlibur Presiden Amerika Serikat ke-44 itu.
Berdasarkan data yang dihimpun detikcom dari Museum UGM, Obama, yang punya panggilan kecil Barry, biasanya selalu mengunjungi Yo gyakarta saat libur panjang puasa. Kebiasaan itu berlangsung dalam rentang waktu 1967-1971.
Bersama ibunya, Ann Dunham, dan ayah tirinya, Soetoro, Barry pergi ke Yogyakarta menggunakan kereta api. Keluarga Barry selalu tinggal di rumah dinas paman tirinya, Iman Sutikno.
Rumah dinas Sutikno terletak di kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Bulaksumur Blok D/7, Yogyakarta. Satu ruangan selalu digunakan Barry untuk menghabiskan waktu.
Ruang tersebut adalah ruang kerja sekaligus kamar Sutikno. Obama kecil biasa beristirahat di tempat tidur sederhana di antara buku-buku milik Sutikno.
Obama kecil tak hanya berdiam diri di rumah pamannya saat liburan di Yogyakarta. Seantero Bulaksumur pun pernah dijelajahinya. Banyak aktivitas yang ia kerjakan, dari memanjat pohon, mencari buah asam, hingga bermain dan bercanda bersama keluarga paman tirinya itu.
Bulaksumur seolah menjadi saksi hidup Obama kecil, yang kemudian tumbuh dewasa hingga pernah menjadi orang nomor 1 di Amerika Serikat.
Lebih dari 40 tahun berlalu. Hari ini Obama kembali ke Yogyakarta setelah tak lagi menjabat presiden. Sejumlah tempat wisata rencananya akan dikunjungi Obama, dari Candi Borobudur hingga Candi Prambanan.
Belum diketahui, apakah Obama akan bernostalgia di Bulaksumur, kawasan yang menjadi tempat bermainnya dahulu saat liburan.
(gbr/nkn)Sumber: Google News