Header Ads

Rumah Sakit Plus

Keliling Prambanan, Obama akan Ditemani 3 Arkeolog Wanita - Detikcom

Keliling Prambanan, Obama akan Ditemani 3 Arkeolog Wanita - Detikcom

Rabu 28 Juni 2017, 18:18 WIB Keliling Prambanan, Obama akan Ditemani 3 Arkeolog Wanita Sukma Indah Permana - detikNews Keliling Prambanan, Obama akan Ditemani 3 Arkeolog WanitaPresiden AS ke-44 Barack Obama (Getty Images) FOKUS BERITA: Obama 'Mudik' ke Indonesia Yogyakarta - Tiga arkeolog senior ditunjuk untuk mendampingi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan keluarga berkeliling Prambanan. Ketiganya mengaku bangga dan antusias akan tugas yang diemban.
"Senang sekali, berarti beliau tertarik, saya akan dengan senang menerangkannya," ujar salah satu arkeolog, Wahyu Astuti, saat berbinc ang di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Rabu (28/6/2017).
Wahyu, yang saat ini menjabat Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menyambut Obama. Selain Wahyu, ada dua arkeolog perempuan, yakni Ary Setyastuti, Plt Kepala BPCB DIY, dan Manggarsari Ayuwati, Kasi Unit Prambanan.
"Yang akan dijelaskan, candi dibangun kapan, latar belakangnya apa, proses kita melestarikannya dulu seperti apa, penanganan pascagempa juga," ujar Ary.
Keliling Prambanan, Obama akan Ditemani 3 Arkeolog WanitaArkeolog wanita yang akan menemani Obama berkeliling Candi Prambanan. (Sukma Indah Permana/detikcom)

Bukan hanya itu, rencananya Obama akan diajak melihat Monumen Pasca Gempa. Monumen ini berupa Ratna Kemuncak Candi Apit Utara yang jatuh akibat gempa dan dibiarkan berada di lokasi jatuhnya hingga saat ini.
Ary mengatakan Indonesia harus bangga akan kecanggihan teknologi masa lalu. Wahyu menambahkan Prambanan menjadi kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain. Banyak negara yang ingin belajar kepada Indonesia soal pelestarian situs budaya.
"Ini world heritage, Yogyakarta punya warisan budaya kelas dunia. Candi Siwa, jadi candi paling tinggi se-Asia Tenggara. Pemahatan relief Ramayana sangat halus dan rumit," tuturnya.
Ketiga wanita ini punya pengalaman mumpuni sebagai arkeolog. Sebelum Obama, mereka pernah mengantar tamu kenegaraan, seperti Pangeran Charles dari Inggris dan putri asal Thailand.
"Pernah Pangeran Charles dan putri dari Thailand. Dengan protokolernya masing-masing," ucapnya.
(sip/ams)Sumber: Google News