Header Ads

Rumah Sakit Plus

Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin Pada Apel Segar

Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin Pada Apel Segar

OborRakyat.com - Berita metro: Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Apel Segar

Apel impor hingga saat ini masih banyak yang diberi lapisan lilin agar lebih tahan lama disimpan. Sebelum dimakan, hilangkan dulu lapisan ini.

Apel kaya akan serat dan antioksidan penting flavonoid yang dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis. Selain itu juga mengandung sejumlah vitamin. Karenanya dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Meskpun tampak masih segar, apel impor sebenarnya sudah turun kualitasnya. Terlihat menarik karena diberi lapisan lilin tipis.

Baca juga : Sebelum Dimakan, Buah Apel Biasanya Disimpan Selama 10 Bulan

Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Apel SegarFoto: iStock

Buah apel sebenarnya memiliki lapisan lilin alami di kulitnya yang melindungi kandungan air dalam buah agar tidak banyak menguap dan tidak mudah busuk. Tetapi, lapisan lilin itu tidak akan membuat buah apel cukup awet dan bertahan lama. Karena itu, para produsen apel melapisinya dengan lapisan lilin buatan agar buahnya tidak mudah rusak.

Dikutip dalam food.ndtv.com (7/11) apel biasanya dilapisi dengan lilin shellac, beewax, petroleum jelly dan carnauba untuk membuat apel lebih berkilau. Lapisan lilin akan membantu mengurangi kelembapan pada apel. Apel akan terlihat sangat baru dan segar sehingga kita tidak tahu perbedaan antara apel baru atau apel yang sudah lama.

Zat lilin yang sudah digunakan sejak lama ini sebenarnya dibuat dari bahan yang aman. Petani apel diizinkan untuk menggunakan sejumlah lilin. Tapi, tidak ada yang bisa memastikan berapa jumlah lilin yang digunakan agar apel lebih awet.

Tidak bisa dipungkiri lapisan lilin ini be rbahaya bagi manusia. Ahli nutrisi Bangalore, Dr. Anju Sood, di Bangalore, mengatakan lilin alami yang ada di apel mudah dicerna dan tidak membahayakan tubuh. Di sisi lain, lapisan lilin yang digunakan oleh produsen apel mungkin tidak mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat berbahaya bagi usus besar dan usus kecil.

Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Apel SegarFoto: iStock

"Apel berlapis lilin dapat menyebabkan bahaya kesehatan seperti masalah pernapasan, bisul atau bahkan infeksi. Ada kalanya sesorang akan merasa tidak nyaman setelah memakannya. Jika ingin memakan apel, ada baiknya untuk hilangkan lilinnya dahulu", ungkap ahli makanan Mehar Rajput dari FITPASS di New Delhi.

Berikut beberapa cara meminimalkan bahan-bahan tambahan seperti lapisan lilin pada apel yang akan dikonsumsi.

1.Celupkan apel ke dalam air panas selama beberapa detik untuk menghilangkan lilin. Begitu apel dikeluarkan dari air panas, cucilah kembali di bawah air keran yang mengalir.

2. Campurkan 1 sdm air jeruk lemon dan 1 sdt baking soda pada air. Celupkan apel ke dalam campuran ini dan gosok dengan sikat halus. Setelah itu, bilas di bawah air mengalir.

3. Selain air lemon, cuka juga dapat digunakan menjadi campuran air. Gosok apel dan bilas sebelum mengonsumsinya.

4. Cuka sari apel bisa menjadi pilihan lain. Gunakan handuk ata u kain bersih yang dicelup cuka apel untuk menyeka apel.

Ini Cara Hilangkan Lapisan Lilin pada Apel SegarFoto: iStock

Setelah itu cuci apel. Cara lain untuk menghilangkan lilin pada apel adalah dengan mengupas kulitnya. Tapi mengupas apel tidak direkomendasikan, karena banyak nutrisi dan serat yang terkandung pada kulit apel.

Ingat selalu untuk mencuci apel dengan air bersih beberapa kali sebelum mengonsumsinya.

Baca juga : Segera Dipasarkan Apel yang Tak Berwarna Kecokelatan Setelah Dipotong
(odi/odi)


Sumber: http://food.detik.com

OborRakyat.com, Situs Warta hari Ini Indonesia Menyajikan Kabar Harian Warta Terkini dan Terbaru Seputar Warta Politik, Bisnis, Olahraga Hingga Gosip Artis.