Header Ads

Rumah Sakit Plus

"Masjid Liberal" Pertama di Jerman Dibuka di Berlin

"Masjid Liberal" Pertama di Jerman Dibuka di Berlin

"Masjid Liberal" Pertama di Jerman Dibuka di Berlin

Pengacara kelahiran Turki Seyran Ates meresmikan "masjid liberal" di Berlin, Jerman. Dia mengeritik kecenderungan ekstremisme Islam dan mendeklarasikan diri sebagai "imam perempuan" di masjidnya.

Berlin Kirche St. Johannes - Rushd-Goethe Moschee (picture-alliance/dpa/S. Stache)

Seyran Ates datang ke Jerman sebagai anak perempuan berusia enam tahun. Dia kemudian mengambil jurusan hukum dan bekerja sebagai pengacara di Berlin. Dengan dana sendiri dia membuka kantor konsultasi untuk perempuan Turki. Sekarang Seyran mewujudkan impian lamanya dengan membuka sebuah masjid di Berlin.

"Masjid Ibn-Ruschd-Goethe" di Berlin mulai beroperasi hari Jumat (16/6) di Berlin. Lokasinya di lantai tiga gedung Gereja Protestan Sankt-Johannes-Kirche di kawasan Moabit, Berlin (foto artikel). Nama masjid itu diambil dari nama pemikir Arab Ibnu Rusyd, yang juga dikenal sebagai Averroes (1126 - 1198) dan nama pemikir dan penyair Jerman Johann Wolfgang von Goethe.

Masjid Ibn-Ruschd-Goethe terbuka untuk umum. Tapi Islam yang dipraktekan di tempat ini menurut pendirinya adalah Islam dengan pendekatan "historis-kritis". Kelihatannya orang dengan Nikab atau Burka tidak akan senang datang ke sini, kata Seyran Ates. Karena bagi dia, Nikab atau Burka tidak banyak hubungannya dengan agama, melainkan lebih suatu pernyataan politis.

Deutschland - Seyran Ates, Rechtsanwältin und Autorin türkisch-kurdischer Herkunft (picture-alliance/dpa/K. Schindler)

Seyran Ates, Imam perempuan pertama di Jerman

B ersamaan dengan pembukaan masjid liberal, terbit buku Seyran Ates dengan judul "Selam, Frau Imamin" (Salam, bu Imam) dengan penerbit Ullstein Verlag. Buku itu berisi kritik terhadap gejala radikalisme Islam di Jerman. Menurut Seyran, mayoritas Muslim di Jerman mempraktekan Islam sesuai ajaran pemerintah Turki. Mayoritas imamnya tidak memahami apa makna kebebasan beragama, kesetaraan hak antara lelaki dan perempuan dan hak atas orientasi seksual. Islam bentuk ini adalah Islam dari masa lalu, kata Seyran. Umat Muslim yang berhaluan liberal tidak memiliki tempat di Jerman. Itu sebabnya dia sejak dulu bercita-cita mendirikan sebuah masjid liberal.

Di Jerman, Seyran Ates yang kini berusia 54 tahun menjalani pendidikan sebagai imam. "Sejak lama saya hanya bisa bermimpi, bahwa kelumpok Muslim liberal di Jerman bisa bertemu dan mengamalkan Islam yang menghormati demokrasi," tulisnya dalam sebuah artikel di koran Jerman.

  • Die älteste Moschee Deutschlands ist dem Taj Mahal nachempfunden

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Mencontoh India

    Di tengah-tengah daerah pemukiman di daerah Wilmersdorf di Berlin, berdiri mesjid tertua Jerman yang masih terawat. Mesjid Ahmadiyya dirancang arsitek Karl August Herrmann dan bergaya seperti Taj Mahal di India. Mesjid ini diresmikan 1928.

  • Gebetsnische im Innenraum der Ahmadiyya-Moschee

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Mesjid dan Misinya

    Walaupun kaligrafi yang hias dinding dalam bahasa Arab, sejak dibuka semua khotbah dan ceramah di mesjid itu disampaikan dalam bahasa Jerman. Dulunya, mesjid itu didirikan dengan tujuan menyebar agama Islam. 1934 di sini untuk pertama kalinya men ikah sepasang warga Jerman yang pindah ke agama Islam. Sekarang, ruang-ruang mesjid ini terutama digunakan sebagai pusat informasi dan sembayang Jumat.

  • An den Fenstern unter der Kuppel blättert die Farbe

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Dijaga Kelestariannya

    Tanda-tanda bergulirnya waktu juga tampak di bagian dalam Mesjid Ahmadiyya. Perang Dunia II berhasil dilewati dengan kerusakan berat. Pasukan Sovyet menembaki bangunan itu, setelah tentara Jerman menjadikannya tempat melancarkan serangan. Dengan bantuan sekutu dan sokongan dana dari Lahore, mesjid itu direnovasi setelah perang. Sejak 1993 mesjid dinyatakan sebagai monumen sejarah yang dilindungi.

  • Die Khadija-Moschee verzichte   t auf prachtvolle Verzierungen

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Gaya 'Bauhaus' dengan Menara Mesjid

    Mesjid berikutnya milik gerakan Ahmadiyyah berada di bagian kota Berlin yang bernama Heinersdorf. Mesjid bernama Khadija ini dibangun berdasarkan konsep seni bangunan Barat dan Islam. Bentuk jelas arsitektur gaya 'Bauhaus' yang berasal dari tahun 1920-an dipadu dengan kubah yang khas dan menara setinggai 12,5 meter.

  • Gläubige vor der Grundstücksmauer der Sehitlik-Moschee

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Mesjid Terbesar

    Mesjid Sehitlik di daerah Neukölln mendefinisikan diri sebagai pusat kebudayaan dan mesjid. Mesjid terbesar di Berlin itu bisa menampung 1.500 orang. Mesjid ini juga jadi salah satu lokasi yang dikunjungi Presiden Jerman Joachim Gauck akhir 2012, ketika resmi memulai tugasnya di Berlin.

  • Der islamische Friedhof vor dem Eingang der Sehitlik-Moschee

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Kuburan Islam

    Mesjid Sehitlik didirikan tahun 1980-an di samping kuburan Islam, Sehitlik dan terus diperbesar. Tahun 1866 Raja Prusia Wilhelm I menyerahkan tanah tersebut kepada warga Turki. Sekarang, di kuburan itu hanya dilaksanakan upacara penguburan. Jenazah kemudian dimakamkan di kuburan lain atau dibawa ke engara asalnya.

  • Eine Besuchergruppe hört im Gebetsraum einen Vortrag

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Tukar Menukar Kebudayaan

    Jemaat Sehitlik membuka hubungan ke warga sekitar yang bukan pemeluk agama Islam. Di s amping acara-acara yang menyangkut topik-topik Islam dan umum, di sini orang bisa melihat-lihat bangunan dan dipimpin pemandu wisata. Kelompok yang berkunjung mendapat informasi tentang mesjid dan penjelasan tentang dasar-dasar Islam.

  • Das Maschari-Center am Görlitzer Bahnhof in Kreuzberg

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Pusat Islam

    Jika dilihat sepintas, tidak tampak seperti mesjid. Mesjid Umar Ibn Al Khattab di daerah Kreuzberg berdiri harmonis dengan rumah-rumah tempat tinggal. Mesjid ini jadi bagian Pusat Islam Maschari. Di sini ditempatkan ruang sembayang, berbagai toko, kafe dan biro perjalanan. Selain itu, tempat pertemuan jemaah yang dibuka 2008 itu juga memiliki sebuah madrasah.

  • Ein    Waschraum im Keller des Maschari-Zentrums

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Pemandian Ritual

    Dinding dan langit-langit yang yang penuh ornamen membentuk tempat pemandian di tingkah bawah Pusat Kompleks Maschari. Umat melakukan pencucian dan mengambil air wudhu di sini, secara terpisah antara laki-laki dan perempuan.

  • Reiche Verzierungen an der Decke des Gebetsraums

    Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

    Jemaah dari Berbagai Negara

    Di ruang sembayang, di bawah lampu raksasa, ada tempat untuk sekitar 1.000 orang. Sebagian besar anggotanya memiliki akar Turki. Tetapi warga asal Arab, Bosnia dan Afrika juga berdatangan ke sini. Sembayang Jumat secara tradisional diadakan dalam bahasa Arab. Pada dua layar di dinding jemaah bisa mengikutinya dalam bahasa Jerman dan Turki.

    Penulis: Till Strätz, Max Zan der


"Saya menunggu cukup lama, bahwa sekali waktu akan ada masjid liberal yang dipimpin seorang imam yang lebih mengerti Islam dari saya. Tapi karena menunggu terlalu lama, dan merasa seperti dalam cerita "Menunggu Godot", akhirnya saya memutuskan untuk mewujudkan sendiri visi saya," kata Seyran.

Menurut Seyran, Islam harus mampu meperbarui dirinya. Karena makin banyak umat muslim yang kini merindukan Islam yang damai, yang memelihara dialog dengan agama-agama lain. Namun masjid dengan pemahaman itu masih terlalu sedikit di Eropa. "Yang ada hanya masjid dengan pemahaman konservatif, yang samasekali tidak mengijinkan kritik," ujarnya.

"Saat ini, setiap orang Islam harus berani menghadapi pertanyaan: Apa yang telah kamu lakukan untuk menghadapi ekstremisme? Apa yang kamu lakukan menghadapi fakta bahwa agamamu disalahgunakan dan didiskreditkan? Di Masjid Ibn-Ruschd-Goethe ini kami akan mencoba menjawabnya," kata imam perempuan Seyran Ates.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Air putih serasa es dawet

    Banyak hal ajaib yang dirasakan Andias Wira Alam saat berpuasa di Jerman. Pada musim panas dimana puasa bisa 19 jam panjangnya, air putih yang diminumnya saat buka serasa senikmat es dawet. Karyawan IT ini tinggal bersama istri dan dua putrinya di kota Bonn, Jerman.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Diburu batas waktu tesis

    Devi Fitria harus menjelaskan pada rekan kerjanya yang non-Muslim mengapa ia stop makan, minum dan merokok pada bulan puasa. Kini rekannya lebih mengenal mak na Ramadan. Devi berpuasa di tengah kesibukan kerja & tenggat waktu tesis. Dulu saat kerja di sektor gastronomi, berat baginya berpuasa karena berjam-jam lamanya ia harus berdiri, menuang minuman & menyiapkan makanan bagi tamu.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Terhindar godaan tukang bakso

    Kegiatan Anggi Pradita segudang: kuliah, kerja di kafe & layanan kebersihan, aktif dalam kegiatan mahasiswa dan budaya. Meski sibuk berat, sejak tahun 2011 tinggal di Jerman, Anggi tak pernah sakit ketika berpuasa. Walau durasi puasa lebih lama, Anggi lebih suka berpuasa di Jerman: “Di Jerman tak banyak godaan, misalnya godaan jajanan bakso yang banyak mangkal di jalanan Indonesia.“

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Silat jalan terus

    Tiap Ramadan tiba, Joko Suseno, sering merindukan suasana “heboh“ di kampung halaman, silaturahmi dengan teman-teman atau organisasi lain dengan berbuka puasa bersama. Pendiri Perguruan silat di Jerman ini sempat tak puasa ketika sakit kepala mendera dan harus minum obat. Namun jarang sekali puasanya ‘bolong‘. Bahkan saat puasa, ia tetap mengajar silat di dua kota, Bonn dan Köln seperti biasa.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Begadang menanti sahur

    Saat masih di Indonesia, Siti sangat senang bisa tarawih bersama kawan-kawan. Di Jerman, tiap bulan puasa tiba, awalnya kesepian. Namun kini--Siti yang san gat aktif mengorganisir kegiatan budaya dan sosial di Jerman-- senang melihat banyak orang di Jerman yang juga berpuasa. Ia dan kawan-kawan kadang ‘begadang‘ bersama menunggu sahur tiba.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Tergoda perempuan cantik

    Syamsir Alamsyah memutuskan pulang kampung ke Kalimantan saat bulan puasa. Gitaris band Melayu di Jerman ini mengatakan: “Susah puasa di Jerman. Karena jatuhnya pada musim panas, banyak perempuan cantik jalan-jalan atau menikmati matahari yang jarang muncul di Jerman, dengan busana seronok". Di kampung, saya sibuk bersama keluarga dan teman, tak sempat jalan-jalan keluar seperti di Jerman.“

  • Indonesis   che Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Musim panasnya sejuk

    Di Jerman tak ada Adzan Maghrib yang biasa terdengar dimana-mana, sehingga harus disiplin sendiri mengontrol waktu berbuka puasa maupun sahur, ujar Hosy Indradwianto. Jadi ia memantaunya lewat internet di telefon genggam. Karyawan Konsulat RI di Frankfurt ini mengaku mengalami kesulitan di awal bulan puasa. Lama-lama ia bisa menikmatinya. “Untung musim panas ini di Jerman suhunya tetap sejuk.“

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Reflek menjilat tumpahan sup

    Bekerja di sektor gastronomi pada bulan puasa adalah tantangan berat bagi Bambang Susiadi. Namun ia tetap menjalankan ibadah puasa. Saat menyiapkan makan siang anak-anak sekolah di tempat ia k erja, tangannya pernah terkena tumpahan sup. Reflek, ia menjilatnya. Namun sebelum tertelan ia ingat sedang berpuasa. Di musim panas, ia tak banyak makan saat berbuka, karena terlalu dekat waktu sahur.

  • default

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Halte bis jadi sering terlewat

    Sebelum ke Jerman, Lenny Martini, sempat ‘keder’ dengan panjanganya jam berpuasa di musim panas, “Pas dijalani, ternyata biasa saja,“ ujar peneliti urban ini sambil tertawa. Tapi karena jam berbuka dan sahur menjadi amat pendek, otomatis jam tidurnya pun sangat berkurang, “Jadi sering ngantuk, tiap naik bis sering terlewat halte stopnya karena ketiduran.“

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Ramadan tak Ramadan, di Jerman sama saja

    Sanusi kadang tak berpuasa, karena tidak mendapatkan suasana serupa seperti di kampung halaman. Di Jerman, bagi petugas keamanan ini, suasana Ramadan sama saja seperti bulan-bulan lainnya. “Semua sama saja, jadi tak ada perasaan apa-apa…“ Namun jika Ramadan tiba, rasa rindu Sanusi pada rang tua dan kampung halaman semakin menggebu.

  • Indonesische Staatsbürger in Deutschland

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Kangen "ngabuburit"

    Michi Widyastuti kangen sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Ia tak pernah lupa asyiknya “ngabuburit“ di tanah air, sebelum akhirnya pindah ke Jerman. Meski karyawan toko organik ini pandai dan hobi memasak, tiap bulan puasa, ia tetap ‘ngidam‘ makanan enak di Indonesia. Ia tinggal di Jerman bersama suaminya yang orang Jerman dan putri kembarnya.

  • Anky Padmadinata, Indonesierin in Aachen

    Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

    Lupa buka puasa gara-gara nonton bola

    "Tak ada adzan, tak ada kultum, tak ada tukang kolak..." demikian tutur Anky Padmadinata tentang Ramadan di Jerman. Ia mengaku jika keasyikan melakukan sesuatu, seperti nonton bola misalnya, kadang-kadang terlewat berbuka puasa. Tiga hari pertama puasa terasa berat karena tubuh belum terbiasa, setelahnya tak ada masalah.

    Penulis: Ayu Purwaningsih


Laporan Pilihan

Ramadan di Jerman: Air Putih Pun Serasa Es Dawet

Mulai dari "bablas" sahur, buka puasa, sampai terlewat halte bis: inilah beragam suka duka warga Indonesia yang tinggal di Jerman di bulan puasa. Rata-rata yang mereka rasakan: r indu keluarga di tanah air. (16.06.2016)

Melongok Mesjid di Ibukota Jerman

Lebih dari 80 mesjid berdiri di ibukota Jerman, Berlin. Baik klasik maupun modern, mesjid termasuk sejarah Berlin dan ikut membentuk wajah kota. (14.04.2014)

  • Tanggal 16.06.2017
  • Kata Kunci Masjid, Jerman, Berlin, Islam, agama, Averroes, Goethe, Ibnu Rusyd, Seyran Ates
  • Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
  • Feedback: Kirim Feedback
  • Cetak Cetak halaman ini
  • Permalink http://p.dw.com/p/2emsA
Sumber: DW