Header Ads

Rumah Sakit Plus

Saat Obama Kaget di Candi Borobudur... - KOMPAS.com

Saat Obama Kaget di Candi Borobudur... - KOMPAS.com

STR / AFP Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan keluarganya tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Obama menghabiskan waktu 10 hari untuk berlibur bersama keluarga di Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, kota tempatnya menghabiskan masa kecil.

MAGELANG, KOMPAS.com - Kesan menarik yang diperoleh wisatawan saat berkunjung ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi sukacita tersendiri bagi para petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB). Apalagi jika yang terkesan adalah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama.

Mura Aristina, salah satu petugas BKB yang ditunjuk menjadi pendamping Obama selama berada di Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017) sore, menuturkan, Obama sangat antusias mendengar kisah patung Kunto Bimo di Candi Borobudur.

Saat itu, Mura bercerita kepada Obama bahwa patung yang berada di dalam stupa berongga belah ketupat di lantai ke-7 dari 10 Candi Borobudur sisi timur itu memiliki mitos yang sangat populer di Borobudur.

"Konon jika orang bisa menyentuh patung itu sambil mengucap keinginan, maka akan tercapai keinginan tersebut," ujarnya, Rabu petang.

(Baca juga: Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya)

Namun, karena banyak disentuh wisatawan, patung tersebut semakin rusak. Apalagi dengan berbagai ulah wisatawan yang nekat memanjat dan menginjak stupa meski sudah dilarang.

"Demi kelestarian, kami memutuskan untuk membuat pagar. Karena semakin banyak dipegang maka candinya akan rusak pasti," kata Mura.

Mura juga mengaku menceritakan pengalaman pengunjung anak-anak yang pernah terjepit stupa lantaran masih memanjat ingin memegang Kunto Bimo. Itulah sebabnya, BKB memutuskan untuk memagari stupa ini.

"Sekitar 4 tahun lalu ada anak yang kepalanya terjepit di stupa tersebut sampai tidak bisa keluar. Mendengar penjelasan itu, mereka kaget, sangat ekspresif," ungkap Mura.

Kepada rombongan Obama, Mura mengaku menjelaskan tentang Candi Borobudur secara umum, seperti proses pembangunan, sosok yang membangun, struktur bangunan candi hingga membaca sedikit relief candi tentang biografi Buddha. Menurut dia, semua peserta rombongan Obama begitu antusias dan aktif bertanya.

"Beliau mengagumi candi, memang hebat sekali, bagaimana candi dibangun dari dua juta potongan batu bisa dikunci satu sama lain," katanya.

Pada lawatannya itu, lanjut Mura, Obama sempat berfoto-foto antara lain di sebuah sudut di lantai 7 Candi Borobudur dengan latar belakang stupa induk. Lalu be rfoto di dengan pemandangan bukit Menoreh.

"Sampai di stupa induk (puncak), ia mengatakan bahwa Candi Borobudur sangat indah sekali, didukung dengan situasi lingkungan yang damai sekali, saya jelaskan bahwa sekitar borobudur itu memang sawahnya banyak, jadi hijau," pungkas Mura.

Kompas TV Setelah menghabiskan waktu berlibur di Bali, Barack Obama dan keluarga tiba di Yogyakarta. Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Obama Liburan ke Indonesia
Berita TerkaitKekaguman Obama terhadap Candi Borobudur dan Toleransi Masyarakat di SekitarnyaDi Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa KecilnyaMeski Singkat, Obama Naik Sampai Puncak Candi BorobudurDi Prambanan, Obama Akan Ditantang Memanah dengan Gaya MataramBerencana Datang ke Candi Prambanan, Ini Permintaan Obama Terkini Lainnya Berita Terpopuler: Anak Sakit Diajak ke Kuburan, Budak Seks di Marawi Berita Terpopuler: Anak Sakit Diajak ke Kuburan, Budak Seks di Marawi Internasional 29/06/2017, 08:12 WIB Obama Bakal ke Candi Prambanan, Pengunjung Dilarang Masuk Candi Induk Obama Bakal ke Candi Prambanan, Pengunjung Dilarang Masuk Candi Induk Regional 29/06/2017, 08:05 WIB Saat Obama Kaget di Candi Borobudur... Saat Obama Kaget di Candi Borobudur... Regional 29/06/2017, 07:54 WIB Menkoinfo Imbau Masyarakat Waspadai Virus 'Ransomware Petya' Menkoinfo Imbau Masyarakat Waspadai Virus "Ransomware Petya" Nasional 29/06/2017, 07:31 WIB Lima Warga Sipil Ditemukan Tewas Terpenggal di Marawi Lima Warga Sipil Ditemukan Tewas Terpenggal di Marawi Internasional 29/06/2017, 07:22 WIB Ulang Tahun ke-51, Ahok Jadi 'Trending Topic' di Twitter Ulang Tahun ke-51, Ahok Jadi "Trending Topic" di Twitter Megapolitan 29/06/2017, 07:02 WIB Pukul 9.00 WIB, Tol Darurat Grinsing-Brebes Dibuka untuk Arus Balik Pukul 9.00 WIB, Tol Darurat Grinsing-Brebes Dibuka untuk Arus Balik Regional 29/06/2017, 06:53 WIB Kekaguman Obama terhadap Candi Borobudur dan Toleransi Masyarakat di Sekitarnya Kekaguman Obama terhadap Candi Borobudur dan Toleransi Masyarakat di Sekitarnya Regional 29/06/2017, 06:50 WIB Bom Curah Dijatuhkan di Desa Kekuasaan ISIS, Belasan Warga Sipil Tewas Bom Curah Dijatuhkan di Desa Kekuasaan ISIS, Belasan Warga Sipil Tewas Internasional 29/06/2017, 06:50 WIB Jabodetabek Diperkirakan Hujan pada Siang hingga Malam Nanti Jabodetabek Diperkirakan Hujan pada Siang hingga Malam Nanti Megapolitan 29/06/2017, 06:35 WIB Tersetrum Mesin Sedot Air, Karyawan Hotel ini Tewas Tersetrum Mesin Sedot Air, Karyawan Hotel ini Tewas Regional 29/06/2017, 06:33 WIB  Duterte: Jangan Khawatir dengan Jatuhnya Korban Sipil Duterte: Ja ngan Khawatir dengan Jatuhnya Korban Sipil Internasional 29/06/2017, 06:31 WIB Kapolda: Sudahlah, Rizieq Hadapi Saja Proses Hukum, Selesai! Kapolda: Sudahlah, Rizieq Hadapi Saja Proses Hukum, Selesai! Megapolitan 29/06/2017, 06:14 WIB Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya Di Candi Borobudur, Obama Mengenang Masa Kecilnya Regional 29/06/2017, 05:58 WIB Penasaran Pada Payung Elektrik, Warga Serbu Masjid Baiturrahman Penasaran Pada Payung Elektrik, Warga Serbu Masjid Baiturrahman Regional 28/06/2017, 22:36 WIB Load MoreSumber: Google News