Cina Kirim Pasukan ke Pangkalan Militer Luar Negeri Pertama di Djibouti
Cina Kirim Pasukan ke Pangkalan Militer Luar Negeri Pertama di Djibouti
Kapal-kapal yang membawa personil militer Cina diberangkatkan dari Zhanjiang ke pangkalan militer di Djibouti, Afrika. Inilah pangkalan militer Cina yang pertama di luar negeri.
Kantor berita Xinhua melaporkan, Selasa malam (11/07) kapal-kapal yang membawa pasukan Cina telah diberangkatkan dari Zhanjiang di Cina selatan "untuk mengoperasikan pangkalan pendukung di Djibouti".
Selanjutnya diberitakan, Komandan Angkatan Laut Shen Jinlong "membacakan perintah untuk membangun pangkalan di Djibouti". Namun tidak disebutkan kapan pa ngkalan tersebut dapat memulai operasi secara resmi.
Cina memulai pembangunan pangkalan militer di Djibouti tahun lalu yang akan memasok kapal- kapal angkatan lautnya yang mengambil bagian dalam misi penjaga perdamaian dan kemanusiaan di lepas pantai Yaman dan Somalia.
Angkatan Laut Cina siap berangkat ke Djibouti, 11 Juli 2017
Inilah pangkalan militer pertama di Cina, meskipun Beijing secara resmi menggambarkannya sebagai fasilitas logistik. Xinhua mengatakan, pendirian pangkalan tersebut merupakan keputusan yang dibuat oleh kedua negara setelah "perundingan ramah, dan sesuai dengan kepentingan bersama rakyat dari kedua belah pihak".
"Pangkalan itu akan memastikan kinerja misi Cina, seperti mengawal, menjaga perdamaian dan melaksanakan bantuan kemanusiaan di Afrika dan Asia barat," kata laporan itu. "Pangkalan ini juga akan mendukung tugas-tugas di luar negeri termasuk kerja sama militer, latihan gabungan, pengungsian dan perlindungan penyelamatan Cina dan situasi darurat di luar negeri, serta menjaga keamanan jalur pelayaran strategis internasional," lapor Xinhua.
Djibouti, negara strategis antara Laut Merah dan Teluk Aden
Bukan ekspansionisme militer
Harian Militer Cina mengatakan dalam sebuah komentar di halaman depan, ini adalah langkah penting yang akan meningkatkan kemampuan Cina untuk memastikan perdamaian global. Cina tidak akan mencari ekspansionisme militer atau masuk ke dalam perlombaan senjata, tak peduli apa pun yang terjadi, tulis harian itu.
Harian pemerintah Global Times dalam sebuah editorial hari Rabu (12/7) menyebutkan, tidak ada salahnya, jika yang dibangun adalah sebuah pangkalan militer. "Tentu ini adalah markas besar luar negeri Tentara Pembebasan Rakyat Cina, dan kami akan menempatkan pasukan di sana. Ini bukan bidang komersial, masuk akal jika ada perhatian dan opini dari publik asing," tulis Global Times.
Djibouti terletak di pintu masuk selatan Laut Merah pada rute ke Terusan Suez. Negara kecil yang diapit oleh Ethiopia, Eritrea dan Somalia ini juga menjadi tuan rumah pangkalan militer AS, Perancis, Italia, Spanyol dan Jepang. Saat ini Arab Saudi juga sedang membangun sebuah pangkalan di sana.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Kereta cepat dari Abuja ke Kaduna
< p>Sejak Juli 2016, rel sepanjang 175 kilometer menghubungkan ibukota Nigeria, Abuja, ke negara bagian Kaduna di utara. Biaya pembangunannya sekitar 800 juta Euro. Bank Ekspor-Impor China menyediakan dana sekitar 450 juta Euro. -
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Kepala negara di atas rel
Presiden Nigeria Muhmmadu Buhari jadi tamu istimewa dalam perjalanan perdana kereta api yang baru. Tiket untuk perjalanan selama dua jam 40 menit dibandrol sekitar 45 ribu Rupiah untuk kelas ekonomi dan 60 ribu Rupiah untuk kelas satu.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Kereta dalam kota di Addis Ababa
Jalur kereta api ringan (dalam kota) pertama di ibukota Ethiopia mulai beroperasi aktif pada tahun 2015. Dibangun oleh China Railway Group - juga dengan dana dari EximBank Cina. Teknisi Tionghoa dilibatkan dalam operasional dan pemeliharaan sistem kereta api ringan hingga tahun 2020. Kemudian Perusahaan Kereta Api Ethiopia harus mengambil alih pemeliharaannya.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Menghubungkan Afrika Timur
Sekitar 25.000 warga Kenya dan 3.000 pekerja Cina bahu-membahu dalam pembangunan rut e jalur kereta sepanjang 472 kilometer antara Mombasa dan Nairobi. Sekitar 90% biaya konstruksi, yakni sekitar 3,6 miliar euro dibiayai oleh Cina. Kemudian, kota-kota seperti Kampala dan Juba juga harus terhubung.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Museum kereta api di Livingstone
Kembali ke masa lalu: Pada tahun 1856, jalur kereta antara Alexandria dan Kairo dibuka. Mesin uap ini telah beroperasi sejak awal abad ke-20 sampai tahun 1976 di Zambia. Kereta ini dipamerkan di Museum Kereta Api di Livingstone.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Memburuk di akhir pemerintahan kolonial
Sejumlah jalur kereta api dibangun oleh penjajah di Afrika. Kereta digunakan untuk mengangkut bahan baku ke pantai, sebelum dikirim ke Eropa. Banyak dari rute ini yang bobrok. Peninggalan di foto itu termasuk jalur kereta api asli antara Swakopmund dan Walvis Bay, yang dibangun pada tahun 1914 dan diperbaiki pada tahun 1980.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Jaringan rel Afrika
Laporan Bank Pembangunan Afrika 2015: Perkeretaapian penting untuk benua tersebut. Kereta api bisa menjadi alat transportasi murah dan mengurangi kemacetan perkotaan. Laporan tersebut juga mengritik kondisi jaringan rel yang buruk, terutama yang membentang di utara dan selatan, dimana jaringannnya seringkali tidak saling terkait satu sama lain.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Akankah stasiun yang tutup dibuka kembali?
Seiring berkembangnya ekonomi di banyak negara Afrika, penekanan baru telah diberikan pada perbaikan transportasi. Jika Cina dan investor lainnya terus berinvestasi, stasiun kereta sepi seperti yang ada di Addis Ababa bisa berfungsi kembali.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Melongok jauh ke Afrika Selatan
Jaringan rel regional Gautrain menghubungkan Pretoria dan Johannesburg dengan bandara terbesar di Afrika. Jaringannya akan diperluas dari 80 sampai 230 kilometer dalam 20 tahun ke depan. Dengan jalur sekitar 21.000 kilometer, Afrika Selatan memiliki jaringan kereta api terbesar di benua ini. Sudan memiliki 7.300 kilometer, dan Mesir memiliki 5.100 kilometer.
-
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Kereta cepat dari Perancis di Tangier
Kereta berkecepatan tertinggi di benua ini direncanakan beroperasi di utara. 12 kereta TGV Perancis telah dikirim Juni 2016 lalu. Perjalanan antara Tangier dan Casablanca kini memakan waktu 2 jam 10 menit dengan kecepatan hingga 320 kilometer per jam, jadi bukan lagi 4 jam 45 menit. Jalur ini kemudian akan berlanjut ke Aljazair dan Tunisia. (Ed: Aarni Kuoppamäki/ap/yf)
hp/ap (rtr, dpa)
Laporan Pilihan
Duit Cina Hidupkan Rel Kereta Afrika
Memperbaiki infrastruktur transportasi luar negeri, Cina investasi besar-besaran di Afrika. Benua itu merayakan kembalinya kejayaan kereta api. (24.05.2017)
- Tanggal 12.07.2017
- Tema Cina
- Kata Kunci Cina, pangkalan militer, Djibouti, Afrika, jalur pelayaran, misi perdamaian, Tentara Pembebeasan Rakyat, People's Liberation Army
- Bagi artikel Kirim Facebook Twitter google+ lainnya Whatsapp Tumblr Digg Technorati stumble reddit Newsvine
- Feedback: Kirim Feedback
- Cetak Cetak halaman ini
- Pe rmalink http://p.dw.com/p/2gNhE
Artikel lainnya
Malaysia Dikecam Karena Penjarakan Buruh Asing Ilegal 12.07.2017
Malaysia memenjarakan lebih dari 3.000 buruh asing ilegal lewat aksi penggerebekan massal. Langkah itu dinilai salah sasaran karena mengabaikan peranan agen tenaga kerja nasional yang menjadi pintu penyelundupan.
Di Tengah Krisis Diplomatik, AS dan Qatar Tandatangani Kesepakatan Anti-Teror 12.07.2017
Amerika Serikat dan Qatar menandatangani kesepakatan untuk memerangi terorisme saat kunjungan Menlu AS Rex Tillerson ke Doha. Prakarsa ini adalah upa ya untuk menyelesaikan krisis diplomatik di kawasan itu.
HRW Kecam Niat Indonesia Bubarkan HTI 12.07.2017
Organisasi HAM, Human Rights Watch, menilai upaya pemerintah membubarkan organisasi berdasarkan ideologi melanggar kebebasan berkumpul dan berekspresi. Langkah itu juga diyakini akan "menghantui" pemerintahan Joko Widodo
Sumber: DW
Post a Comment